Jumat, 28 Maret 2008

KRISIS KEPERCAYAAN DIRI

Dalam bahasa sehari-hari “pede” tentu kita sudah mengenal artinya yakni percaya diri. Semua orang sebenarnya punya masalah dengan istilah yang satu ini. Apalagi saya yang memiliki banyak keterbatasan-keterbatasan.
Kita tentu sering medengar orang yang merasa telah kehilangan rasa kepercayaan diri di hampir keseluruhan wilayah hidupnya. Mungkin terkait dengan soal keluarga, tetangga, masyarakat dan lain-lain. Ada juga orang yang merasa belum pede dengan apa yang dilakukannya atau dengan apa yang ditekuninya. Ada juga orang yang merasa kurang percaya diri ketika menghadapi situasi atau keadaan tertentu. Berdasarkan praktek hidup, kita bisa mengatakan bahwa yang terakhir itu normal dalam arti dialami oleh semua manusia.
Ketika kepercayaan diri itu melemah biasanya saya melakukan langkah preventif melalui muhasabah, mendekatkan diri kepada Allah, membaca buku-buku yang membangun dan menonton film-film yang dapat menggugah kembali semangat hidup seperti spiderman, transformers dll. Dengan hal itu kepercayaan diri saya kembali muncul dengan dengan himmah yang sempurna.
Namun yang saya rasakan belakangan ini sangat berbeda sekali. Jauh menyimpang dari garis normal kebiasaan. Sebab sudah mencapai taraf krisis kepercayaan diri. Saya merasa diri saya sekarang sangat lemah sekali dan tidak punya kemampan untuk berkembang. Berbagai langkah sudah saya lakukan untuk mengembalikan kepercayaan diri itu, namun pada akhirnya saya sama sekali tidak menemukan jawaban yang memuaskan.
Dengan ini saya mohon kepada Bapak untuk membantu mencari solusi problem saya ini? (Mtt_Qeen)

Tidak ada komentar: